Bentuk Kehidupan dan Habitat di Lautan

Rabu, 12 Oktober 2016

Biologi kelautan terdiri dari organisme yang sangat kecil, seperti plankton, sampai organisme yang sangat, seperti paus sepanjang 30 meter. Habitat laut membentang dari permukaan laut sampai palung laut yang dalamnya lebih dari 10.000 meter.

Biologi kelautan adalah studi tentang kehidupan tumbuhan dan hewan laut. Kehidupan laut memberi kita makanan, obat-obatan dan bahan baku lainnya yang kita butuhkan. Organisme di laut menghasilkan oksigen dan membantu mengatur iklim bumi. Pantai yang sebagian besar diciptakan oleh kehidupan laut; beberapa organisme laut bahkan membantu menciptakan lahan baru.

Sekitar 71% dari permukaan bumi terdiri dari lautan. Kedalaman laut rata-rata, sekitar 4.000 meter. Sebagian besar dari kehidupan bumi tinggal di dalamnya, meskipun tidak semua bentuk kehidupan laut belum ditemukan.

Mempelajari kehidupan laut adalah bidang besar ilmu. Lautan adalah rumah bagi banyak spesies yang berbeda, termasuk ikan, burung, reptil dan organisme lainnya. Para ilmuwan juga meneliti bagaimana organisme bisa hidup di air garam.

                                                Bintang laut dekat pantai fo di Thailand

Hewan dan Tanaman Laut

Banyak burung telah beradaptasi dengan kehidupan di daerah laut. Burung laut biasanya hidup lebih lama dan memiliki lebih sedikit keturunan daripada burung lain. Sebagian besar dari mereka melakukan perjalanan ribuan mil per tahun dan menyeberangi khatulistiwa dari belahan bumi utara ke belahan bumi selatan. Manusia telah tergantung pada burung laut sepanjang sejarah. Mereka dapat menunjukkan dan memandu jalan pelaut untuk mendarat. Di antaranya adalah elang laut dan Dara Arktik.

Ikan merupakan spesies utama yang hidup di lautan. Mulai dari ikan teri yang kecil sampai hiu yang berbahaya. Ikan menjadi salah satu sumber utama makanan bagi manusia.

Invertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Banyak dari mereka hidup di laut dan di sekitar wilayah pesisir, seperti ubur-ubur, cacing laut, kerang atau gurita.

Mamalia terbesar dari lautan adalah paus. Lumba-lumba dan singa laut diantara mamalia lain yang hidup di laut. Kadang-kadang beruang kutub disebut sebagai hewan laut karena makanannya bergantung pada laut.

Kebanyakan reptil laut tinggal di atau dekat perairan pesisir. Mereka termasuk penyu dan buaya air asin. Banyak spesies laut harus datang ke tanah untuk bertelur/berkembang biak.

Ada tanaman hidup yang sangat beragam di lautan dunia. Alga dan rumput laut adalah salah satu yang paling umum. Tanaman tersebut telah menjadi terbiasa dengan lingkungan air asin. Berbagai jenis tanaman juga tumbuh di daerah di mana permukaan air dipengaruhi oleh naik turunnya pasang surut.

Habitat

Berbagai bentuk kehidupan, hidup di berbagai daerah laut. Beberapa terbatas pada wilayah pesisir dan rak, sementara yang lain hidup di laut terbuka.

                                                                        Terumbu karang

Terumbu karang ditemukan di daerah tropis, tetapi mereka juga bisa eksis dalam air dingin. Terumbu karang dibangun oleh karang dan hewan lainnya dari kalsium yang tersimpan di bebatuan. Mereka adalah rumah bagi berbagai macam bentuk kehidupan laut yang berbeda. Sekitar setengah dari terumbu karang dunia, berada dalam bahaya karena pemanasan global dan kenaikan suhu air laut.

Meskipun kita tidak tahu banyak tentang jenis bentuk kehidupan yang ada di parit air yang dalam, para ilmuwan kelautan telah menemukan bahwa jenis ubur-ubur tertentu dan ikan sebelah terlihat di Palung Mariana, yang merupakan wilayah laut terdalam di dunia. Umumnya bagian-bagian laut ini memiliki sedikit atau tidak ada sinar matahari dan banyak organisme yang hidup di sini harus menghasilkan cahaya mereka sendiri.

Ahli biologi kelautan juga mempelajari bagaimana ombak, arus dan pasang surut mempengaruhi organisme yang hidup di lautan. Sedikit yang diketahui tentang di mana perjalanan spesies tertentu untuk berkembang biak.