Misteri Lautan yang Membuat Kita Semua Tercengang

Selasa, 18 Oktober 2016

Misteri Lautan yang Membuat Kita Semua Tercengang
Terlalu banyak misteri yang kita tidak ketahui tentang lautan, diantaranya menimbulkan pertanyaan dan spekulasi tentang keberadaan makhluk lain di dunia ini. Dari binatang-binatang laut hingga kejadian-kejadian unik misterius yang akan menimbulkan banyak pertanyaan di benak kita. Berikut ini adalah "10 Misteri Lautan Yang Membuat Kita Semua Tercengang".

1. Fotosintesis Bawah Laut
Memang sinar matahari tidak dapat mencapai laut dalam, namun beberapa bakteri yang berada di dekat Hydrothermal Vent dapat memanfaatkan sinar merah dari hydrothermal vent tersebut untuk melakukan fotosintesis dan memproduksi makanan untuk dirinya sendiri. Para ilmuwan masih menyelidiki bagaimana hal ini dapat terjadi.

Hydrothermal Vent adalah retakan di permukaan planet yang secara geothermal memanaskan air.

2. Baltic Anomaly
Baltic anomaly adalah benda yang masih misterius dan belum teridentifikasi benda apakah itu. Benda ini ditemukan di Laut Baltic, beberapa orang mengatakan bahwa benda tersebut adalah artefak yang berasal dari zaman es atau merupakan alat anti-kapal selam milik NAZI. Anehnya alat-alat elektronik akan secara tiba-tiba berhenti berfungsi apabila berada 650 kaki (200 m) dari benda ini dan terdapat sinyal radio yang kuat yang berasal dari benda aneh ini.

3. Pesawat Yang Menghilang
Industri penerbangan dunia memiliki banyak sekali pengalaman tentang hilangnya pesawat yang sangat tiba-tiba. Seperti yang baru-baru ini terjadi adalah menghilangnya pesawat Malaysian Airlines MH370 jet. Juga hilangnya pesawat salah satu pioneer di dunia penerbangan yaitu Amelia Earhart yang juga menghilang secara misterius. Dia bersama co-pilot Fred Noonan menghilang di atas Samudra Pasifik pada tahun 1937. Jutaan dollar telah dikeluarkan untuk mencari keberadaannya namun tidak berhasil. Banyak rumor yang menyatakan bahwa pesawat tersebut kehabisan bahan bakar atau diserang oleh pasukan Jepang karena dianggap sebagai mata-mata.

4. Bakteri Lantai Bawah Laut
Kalian mungkin berpikir bahwa hewan mana yang dapat hidup di lantai bawah laut yang paling dasar. Namun, baru-baru ini ilmuwan menemukan bakteri yang hidup di kedalaman 1,000 kaki di kedalaman laut. Ditemukan dengan cara mengebor batuan sedimen dan kerak bumi, bakteri ini hidup dengan cara memakan hasil residu dari jutaan tahun yang lalu.

5. Leptochepalus Giganteus
Hanya terdapat 2 belut dari spesies Leptochepalus giganteus yang pernah ditemukan dan keduanya masih berupa larva. Ditemukan di Pesisir Afrika Selatan dengan panjang 6 kaki dan yang satunya lagi yang hampir memasuki tingkat dewasa dengan panjang 21 meter atau 70 kaki. Bayangkan dengan ukuran yang sangat panjang tersebut mengingat belut ini masih berupa larva.